Morning Glory Pool di Yellowstone National Park, Wyoming

Fenomena Alam – Tepatnya di Wyoming Yellowstone Park, menjadi salah satu tempat yang cantik tentunya. Banyak di antara wisatawan yang tertarik dengan Morning Glory Pool yang mempunyai banyak warna.

Morning Glory Pool memiliki nama original yaitu Convolutus. Nama itu diberi pada tahun 1883 oleh istri seorang asisten pengawas taman setelah kata latim untuk bunga morning glory, yang menyerupai warna biru kolam itu. Baru-baru ini kolam tesebut sudah beralih nama menjadi “Fading Glory”.

Kolam ini memiliki bakteri yang bisa mengubah warna di dasar kolam, air biru yang halus di ciptakan oleh bakteri termofilik. Bakteri tersebut tumbuh subur di kolam panas tersebut. Selama kurang lebih dari 100 tahun, Morning Glory Pool berubah karena beberapa dari pengunjung yang tidak mentaati aturan dengan melemparkan koin, botol, dan sampah ke dalam kolam. Sehingga sampah perlahan-lahan membangun dan memblokir beberapa ventilasi terminal dan mengurangi panas kolam. Memungkinkan bakteri yang lain mulai bekerja di pinggiran sehingga menciptakan cincin merah dan kuning di sekitar pusat biru kolam.

Sementara untuk rona pelangi ini memang indah, namun itu adalah suatu keindahan yang rapuh karena adanya bakteri kuning invasif terus menutup. Terkadang sering mengikuti aktivitas seismik dimana kolam meletus di geyser. Ada harapan pula bahwa letusan ini dapat membersihkan genangan sampah.