Sempat Menjadi Negara Terkaya di Dunia, Nauru Sekarang Menjadi Negara Termiskin

Fenomena Misteri – Pulau ini menjadi salah satu negara terkaya di dunia, Kekayaannya bahkan mengalahkan negara-negara maju yang ada di dunia.

Nauru merupakan sebuah pulau yang terletak di sekitar delapan setengah mill persegi dengan penduduknya sekitar 10.000 ribu jiwa. Dimana tempat ini terletak di Pasifik Selatan sekitar pertengahan antara Australia dan Hawaii. Pada saat naik puncak keemasanya pulau nauru memiliki kekayaan yang melimpah namun dalam jangka waktu kurang dari tiga dekade, pulau nauru berubah menjadi negara termiskin di dunia. Alasan mengapa bisa berubah menjadi miskin yaitu karena kerusakan lingkungan, serangkaian kejadian buruk, dan pencucian uang untuk mafia Rusia.

Alasan di anggap negara paling kaya di dunia karena penghasilan besar dari menjual fosfat yang dilakukan pemerintahnya. Pulau nauru memiliki deposit besar dalam batuan fosfat yang bermutu tinggi yang terbentuk dalam burung laut guano. Pada masa kejayaanya yaitu tahun 1975, negara ini memperoleh keuntungan mencapai USD 2,5 miliar atau setara dengan Rp32,5 triliun. Pendapatan ini lah yang memungkinkan pemerintah tidak mengumpulkan pajak dan hanya menyediakan layanan kesehatab transportasi bus, bahkan pendidikan.

Adapula dengan Pengobatan medis yang di butuhkan Nauru tidak tersedia di pulau tersebut, Pemerintah akan langsung membayar dengan penerbangan mereka ke Australia. Namun kejayaannya jatuh saat deposito fosfat mulai menjadi habis. Selama bertahun-tahun pertambangan fosfat yang luas tersebut menghasilkan hampir kurang lebih 80% kerusakan pulau. Dimana hanya di temukan bebatuan kapus, kolam bekas pertambangan, dan lubang penggalian. Tidak adanya tumbuhan hijau yang hidup yang ada hanya masyarakat miskin.