Misteri Centralia, Pennsylvania Menjadi Kota Mati

Fenomena Misteri – Centralia merupakan sebuah borough di Columbia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Dimana populasinya jatuh dari 1,000 jiwa pada tahun 7981 hingga 12 tahun 2005. Kebakaran tambang sepanjang 45 tahun yang membakar sepanjang bawah tanah di Borough.

Terjadi kebakaran tambang awal mulanya pada bulan Mei 1962, dimana dewan Borough Centralia memperkerjakan lima anggota pemadam sukarela diamana untuk membersihkan tempat pembuangan sampah kota. Letaknya di tambang tua dekat dengan pemakaman Odd Fellows, seharusnya pembersihan itu dilakukan pada hari peringatan pada tahun sebelumnya, tetapi pada saat ini tempat pembuangan sampah berada di lokasi yang berbeda. Sehingga si pemadam membakar sampah-sampah yang ada, mereka membiarkan sementara waktu lalu memadamkanya. Namun sebenarnya pembakaran tersebut masih terjadi di bagian tempat terendah bagian tumpukan sampah.

Lalu api menyebar melalui sebuah lubang yang menuju ke tempat tambang batu bara yang ditinggalkan di bawah tanah Centralia. Sudah segala cara memadamkan api tersebut namun hasilnya nihil dan api itu terus membakar sepanjang 1960-1970. Dampak kesehatan di lapokan oleh masyarakat karena karbon monoksida yang di hasilkan. Tahun 1979 penduduk mulai khawatir dengan kondisi ini karena adanya dampak dari tanah yang tiba-tiba terbuka dan menghasilkan lubang selebar 4 kaki sedalam 150 kaki atau 45 meter. Kejadian tersebut lalu menjadi perhatian nasional terhadap Centralia dan tahun 1984 Kongres mengalokasikan semua masyarakat dengan biaya $42 juta untuk relokasi. Semua penduduk menerima tawaran tersebut sebagai ganti rugi dan pindah ke kota Mount Carmel dan Ashland.