Pulau Hashima, Pulau Hantu Yang Terkenal di Jepang

Fenomena Misteri – Banyak wisatawan yang ingin memilih untuk liburan ke pulau yang indah seperti pulau Maladewa atau Bali. Namun beberapa wisatawan ini lebih memilih pulau yang lebih memacu nyali mereka seperti Hashima Island ini.

Pulau Hashima merupakan pulau yang tak berpenghuni yang berada di lepas pantai yang berada di Jepang. Pulau Hashima terletak di dekat Nagasaki, dimana pulau ini berbentuk seperti kapal perang. Dulunya pulau ini di huni oleh ribuan lelaki yang bekerja sebagai tambang batu bara dimasa lalu. Oleh karena itu pulau ni di percaya angker dan memiliki nama lain yaitu Gunkajima yang berarti pulau kapal perang.

Pada awalnya pulau ini berfungsi sebagai fasilitas penambangan batubara yang pernah di huni oleh para penambang dan keluarga mereka, namun saat ada perubahan industri terjadi di pulau Hashima akhirnya di tinggalkan. Pada tahun 1890 pulau Hashima ini di beli oleh Mitsubishi sebagai lokasi yang dijadikan penggalian batubara. Pulau kecil ini di huni oleh masyarakatnya lebih dari 5.000 pekerja dan penduduk. Pulau ini menjadi berhantu dikarenakan sejarah pekerja yang bekerja dengan kondisi ekstrim dan banyak menewaskan pekerja. Beberapa orang di antara mereka dipaksa bekerja sebagai buruh untuk kegiatan pertambangan batubara. Kegiatan ini merupakan hal yang berbahaya tentunya dan bisa dikatakan dengan bahwa banyak yang kehilangan nyawa mereka.

Setelah Mitsubisi resmi menutup Pulau Hashima dan tentunya mengosongkan warga yang tinggal, pulau ini sekarang telah runtuh. Namun sejak tahun 2009 pulai ini resmi dibuka kembali untuk tujuan pariwisata bahkan sempat dijadikan tempat syuting film . Bahkan tempat ini memiliki sekolah bahkan teater dan fasilitas lainya.