Brazil Sand Dune, Bukit Pasir Putih Yang Cantik

Fenomena Alam – Taman Nasional Lençóis Maranhenses, yang terletak di negara bagian Brasil, Maranhão, bukanlah fatamorgana. Bukit pasir putih taman dan laguna yang berkilauan tersebar di 580 mil persegi di pantai Atlantik utara, dekat Cekungan Amazon.

Dua sungai mengalir melalui taman nasional yang mengendapkan endapan saat mereka mengalir menuju Samudra Atlantik. Inilah yang sebenarnya menciptakan bukit pasir agung yang memberi nama Taman Nasional Lençóis Maranhenses, namun sungai-sungai itu bukan satu-satunya yang bertanggung jawab. Selama musim kemarau di kawasan itu, angin dari Atlantik mendorong daratan, memungut pasir dan melemparkannya ke bukit pasir yang bergulung.
Jumlah pasir yang sangat besar ini membuat Taman Nasional Lençóis Maranhenses terlihat seperti gurun, tetapi daerah tersebut sebenarnya menerima terlalu banyak hujan untuk memenuhi syarat sebagai gurun biasa.

Daerah ini dapat menerima lebih dari 50 inci hujan per tahun, yang sebagian besar akan jatuh dalam badai hujan deras dari Januari hingga Juni. Berkat musim hujan laguna di taman mencapai puncaknya pada bulan Juli dan tetap penuh sampai September. Beberapa kolam yang ada dalam berbagai warna yaitu hijau, biru, dan hitam. Tapi apa yang menghentikan pengumpulan air tawar ini agar tidak terserap ke bumi? Lapisan batu yang tersembunyi di bawah pasir menghentikan air meresap alih-alih menangkap air hujan untuk membentuk kantong menakjubkan yang tak terhitung jumlahnya.

Meskipun taman nasional itu bukan gurun pasir sejati, taman nasional ini memiliki beberapa karakteristik lingkungan yang keras yang membuat satwa liar sulit berkembang di sini. Namun beberapa spesies ikan yang licik berhasil bertahan hidup di laguna selama musim hujan. Salah satu spesies predator yang dikenal sebagai ikan serigala atau ikan harimau melakukannya dengan menggali beberapa titik lembab yang tersisa selama musim kemarau. Ikan kemudian akan muncul kembali ketika taman memasuki musim hujan dan kolam diisi ulang

Meskipun ada beberapa kota kecil yang berfungsi sebagai titik masuk ke surga berpasir ini, untuk mencapai Taman Nasional Lençóis Maranhenses dibutuhkan sedikit pekerjaan. Taman tidak memiliki jalan untuk akses langsung, dan sebagian besar kendaraan tidak diizinkan di taman. Tapi Anda bisa naik pesawat dari kota kecil Barreirinhas dan melakukan penerbangan wisata melintasi taman.