Kisah Mistis Dari Meriam Puntung di Medan

Fenomena Misteri – Tepatnya di Istana Maimun, Medan terdapat sebuah sejarah Meriam Putung yang misteri dan mitos. Konon Meriam Putung memiliki cerita tersendiri di balik meriam yang pecah menjadi 2 bagian ini.

Meriam Putung merupakan salah satu eksistensi budaya masyarakat Deli yang dimana merupakan salah satu saksi bisu. Meriam Putung sendiri adalah jelmaan adik dari Putri Hijau, salah satu penguasa Kerajaan Haru. Kerajaan Haru dikenal sebagai kerajaan yang susah ditaklukan dari kerajaan lain.

Cerita dari peristiwa ini ialah Raja Aceh ingin meminang Putri Hijau yang tentu saja terkenal dengan paras cantiknya. Namun karena Putri Hijau tidak mau menuruti keinginan sang raja maka ia menolak mentah-mentah. Dan terjadilah perang antara dua kerajaan ini untuk mempertahankan tahta.

Adik Putri Hijau menjelma sebagai meriam, konon meriam yang di maksud mempunyai kekuatan gaib, tanpa di sulut dengan api meriam ini bisa meledak. Meriam meledak dan mengeluarkan peluru hingga terpecah menjadi dua bagian, bagian belakang di simpan di Istana Maimun dan bagin yang lainya ada desa Sukanauala, Kabupaten Karo.

Ada peristiwa unik dari Meriam Putung, yaitu beredarnya suara misterius yang bisa muncul saat kita menempelkan telinga di lubang meriam tersebut, setiap orang yang bisa mendengarnya muncul suara yang berbeda. Suara yang muncul terdengar seperti air terjun, jeritan manusia, dan suara kuda.