Kisah Desa Bagolo Yang Kerbaunya Raib Secara Gaib

Usaha Dagang, Bisnis – Tepatnya di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Dimana desa ini memiliki cerita mistis yang kental di kenang oleh masyarakat sekitar dengan hilangnya kerbau dengan misterius.

Sudah puluhan tahun lamanya warga Desa Bagolo di Pangandaran ini tidak memelihara kerbau. Mereka kapok dan enggan untuk memelihara kerbau karena selalu hilang dan konon penyebab hilangnya masih misterius sampai sekarang. Desa ini tidak memiliki populasi kerbau, masyarakat enggan untuk memelihara ternak mamalia tersebut karena kerap raib tanpa jejak, tidak ada bangkai ataupun jejak pencurian.

Rupanya hal ini berkaitan dengan keberadaan situs kandang munding yang terdapat disebuah bukit, yang tentunya tidak jauh dari pantai Karapyak. Dari cerita setempat lokasi situs kandang munding ini dikaitkan dengan kandang kerbanu siluman. Menurut cerita orang tua dulu, bahwa tempat yang dijadikan sebagai kandang kerbau ini sering terlihat kawanan, setelah di ikutin kawanan kerbau tersebut menghilang begitu saja.

Kerbau aheng itulah yang diyakini oleh warga, membawa kerbau peliharaan warga sehingga menyebabkan raib tanpa jejak. Kerbau tersebut di ajak ke alam mereka. Setelah beberapa tahun ini, tidak ada lagi warga yang berani untuk memelihara kerbau di desa bagolo.