Mengulik Cerita Mistis dari Keraton Yogyakarta

Fenomena Misteri – Keraton Yogyakarta berdiri menghadap ke arah utara yang mempunya halaman depan berupa alun-alun atau lapangan. Dimana pada masa lalu lapangan ini dijadikan sebagai tempat mengumpulkan rakyat, latihan perang prajurit dan tempat upacara adat.

Bangunan keraton masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan dan tentunya keluarga. Keraton juga sebagai tempat yang dijadikan untuk wisata Yogyakarta, keraton juga mempunyai adanya keunikan dan beberapa hal yang di kaitkan dengan cerita-cerita mistis di antaranya yaitu :

Nyi Roro Kidul

Keraton Yogyakarta selalu di kaitkan dengan kisah Nyi Roro Kidul, warga pasti sudah tidak asing dengan cerita Nyi Roro Kidul. Tidak hanya itu Sultan juga kerap berinteraksi dengan Nyi Roro Kidul, konon ketika keraton sedang ingin melakukan hajatan Sri Sultan harus meminta doa restu dari Nyi Roro Kidul, bahkan bukan di setiap acara, namun dalam kehidupan sehari-hari beliau suka berinteraksi dengan Nyai. Hal tersebut semakin dibenarkan bahwa dengan adanya sebuah bangunan di Komplek Taman Sari atau Istana di Bawah Air. Dimana tempat itu tidak jauh dari Keraton, tempat itu diyakini sebagai tempat pertemuan sultan dengan sang Ratu Pantai Selatan.

Kereta Kencana Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarya juga memiliki Museum yang menyimpan berbagai jenis kereta kencana antik yang menyimpan berbagai cerita mistis. Museum ini memiliki koleksi 23 buah kereta kencana dari beragam masa. Namun di antara banyak kereta kencana tersebut ada sebuah kereta kencana yang paling angker yaitu kereta Nyai Jimat. Kereta Nyai Jimat ini menjadi kereta kencana yang paling di hormati dan sudah ada sejak 1750. Konon ada beberapa pengunjung yang bisa melihat yang tidak kasat mata, dimana pengunjung pernah ada yang mengaku melihat Nyai Roro Kidul di dalam kereta kencana.