Misteri dari Bukit Kelam di Kalimantan

Fenomena Misteri – Terdapat Bukit Kelam di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Dimana ini merupakan batu terbesar di dunia. Diperjalan menuju lokasi akan menemukan patung sosok pria yang menggendong batu. Hal ini yang menjadikan asal usul Bukit Kelam.

Konon Bujang Beji ialah pria yang dikaitkanya dengan patung sosok pria yang menggondong batu. Dimana pada zaman dahulu Bujang Beji ini iri dengan seterunya yang bernama Tumenggung Marubai yang sering mendapatkan ikan banyak di sungai melawi. Namun untuk Bujang Beji hanya mendapat ikan sedikit dari sungai kapuas, kedua sungai ini memang bertemu di Sintang yang di maksud. Selanjutnya Bujang Beji pergi ke hulu mengambil batu besar untuk menyumpal aliran sungai kapuas agar terpisah dengan sungai malawi. Dengan tujuanya agar ikan-ikan dari kapuas tidak menyeberang ke melawi.

Namun saat Bujang Beji bersusah payah menggendong batu yang sangat besar, para bidadari di langit menertawakan niatanya. Sehingga membuat kaget Bujang Beji dan mendongak ke langit, namun kaki Bujang Beji menginjak duri dan ia kehilangan kewaspadaan saat mendongak sehingga ia limbung dan batu besar yang dia sunggi menggelimpang dan menjadi Bukit Kelam. Ada juga yang mengaitkanya dengan batu meteor besar yang jatuh dari langit.

Bukit Kelam seluas 520 hektare, di Bukit Kelam sendiri ada flora endemik kantong semar jenis yang spesifik yaitu Nepenthes clipeata. Dan katanya ada beruang madu dibukit kelam ini. Batu Kelam atau batu gelap ini memiliki tinggi menjulang ke langit hampir 1 km sangat berwibawa. Bukit Kelam di golongkan menjadi Monolit yang artinya ialah batu tunggal, yang bukan berdiri dari batu bersusun atau juga material non batu.