Legenda Terjadinya Bledug Kuwu

Fenomena Misteri – Tepatnya di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Dimana sekitar 28 kilometer ke arah timur dari Kota Purwodadi, sebuah keunikan yang terjadi ialan letupan-letupan lumpur yang membumbung dengan ke tinggian rata-rata 3 meter.

Bledug Kuwu merupakan salah satu fenomena yang unik dan langka. Berbeda dengan letupan lumpur di Porong atau Lumpur Lapindo, letupan lumpur Bledug Kuwu dipercaya sudah ada sejak jaman Kerajaan Mataram Kuno. Dengan adanya lumpur Bledug Kuwu ini masyarakat sekitar memanfaatkan lumpur hasil muntahannya untuk membuat garam yang dipakai dalam pembuatan kerupuk karak.

Bledug Kuwu mempunyai legenda tersendiri, Konon tempat semburan Bledug Kuwu merupakan jalan pulang dari siluman ular naga jelmaan, yang bernama Jaka Linglung setelah perang dengan Prabu Dewatacengkar di laut selatan. Setelah itu ia kembali menghadap Aji Saka, dimana raja kerajaan Medang Kamulan yang telah menyuruhnya untuk membunuh sang prabu tersebut. Joko Linglung sendiri tidak boleh pergi dan pulang dari laut melalui jalan darat, maka dari itu ia melalui jalan bawah tanah. Dibawah semburan Bledug Kuwu itulah sang Joko Linglung muncul ke permukaan untuk menghadap Raja Aji Saka.

Proses Terjadinya Bledug Kuwu Secara Sains

Proses terjadinya Bledug Kuwu ini karena adanya tekanan gas dari dalam bumi yang mampu mendorong naik batuan yang terus dilaluinya. Dimana lokasi ini berada di Zona Randublatung yang memiliki endapan alluvial dan morfologi datar. Sehingga memiliki struktur batuan yang lunak, sehingga membuat tekanan gas dari dalam bumi mudah keluar.

Adanya Ritual di Bledug Kuwu

Banyak masyarakat yang percaya akan sisi magis yang ada di magis letupan lumpur tersebut. Setiap hari kamis dan jum’at diadakannya ritual di Bledug Kuwu, ritual ini dilakukan untuk memberikan sesajen berupa pisang raja untuk laki-laki, pisang kawista untuk perempuan. Apabila pengunjung ada yang melakukan ritual tersebut keinginannya akan di kabulkan oleh para leluhur yang menghuni Bledug Kuwu.

Terdapat Gas Mematikan

Semburan Bledug Kuwu mengandung gas yang berwarna putih, dimana baunya sangat menyengat seperti telur busuk. Berdasarkan informasi gas yang di maksud merupakan hidrogen sulfida yang mengandung unsur sulfur atau belerang. Pada jam 19.00 sampai 07.00 konsentrasi gas karbondioksida di Bledug Kuwu menjadi sangat tinggi dan tentunya sangat mematikan. Karena itulah ada pantangan bagi pengunjung di area Bledug Kuwu pada jam itu.