Cerita Mistis Dari Alas Lali Jiwo

Fenomena Misteri – Tepatnya di Gunung Arjuno di Jawa Timur, adanya jalur pendakian yang tentunya akan melewati Alas Lali Jiwo sebelumnya akan sampai ke puncak Gung Arjuno. Dimana kawasan ini merupakan hutan cemara yang mempunyai banyak misteri.

Alas Lali Jiwo merupakan artian dari bahasa Indonesia yaitu Hutan Lupa Jiwa. Bisa dinamai ini karana dikawasan ini sering pendaki bisa lupa diri, terlebih dengan orang yang memiliki niat jahat atau orang yang melanggar pantangan yang sudah ada. Untuk pantanganya sendiri ialah bila orang yang mempunyai sikap sombong dan biasanya makhluk halus akan mengerjai pendaki yang sombong dengan membuatnya tersesat ke dalam jalan mistis yang tidak ada ujungnya.

Kejadian mistis itu akan terjadi apabila saat malam hari pendakian atau menuju waktu magrib. Makhluk halus akan membuat pendaki tersesat sehingga menyebabkan putus asa karena hanya berjalan disekitaran itu-itu aja dan ini yang disebut dengan Hutan Lupa Jiwa. Adapun larangan-larangan yang apabila di langgar ialah pendaki tidak boleh menggunakan baju merah, mendaki dengan jumlah yang ganjil, merusak situs peninggalan yang ada di Gunung Arjuno, dan juga berbicara kasar dan sesumbar hingga bagi pendaki yang suka mengeluh.

Untuk adanya penampakan di Alas Lali Jiwo ialah, penampakan yang menyerupai kakek-kakek dan hingga berwujud dengan pendaki gunung. Dimana sudah kejadian oleh salah satu pendaki bahwa ia pernah tersesat di Alas Lali Jiwo ia tersesat semalaman, awalnya ia diingatkan oleh seorang kakek-kakek untuk beristirahat dulu. Namun oleh sang pendaki dihiraukanya hingga akhirnya ia malanjutnya pendakian. Bukanya sampai ke pos selanjutnya, namun yang ia temui hanya jalan asing dan itu juga terus menemui jalan yang itu-itu aja. Namun untungnya ia bisa menemukan jalan pendakian ketika menjelang pagi hari dengan bertemu dengan rombongan.