Pancuran Pitu Baturraden Jawa Tengah

Fenomena Alam – Tepatnya di Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Jawa Tengah. Terdapat sebuah destinasi wisata favorite bagi kawasan Banyumas dan sekitarnya. Destinasi wisata ini berada di Selatan Gunung Slamet Jawa Tengah.

Pancuran Pitu merupakan salah satu obyek wisata yang menawarkan keunikan alam yang berupa air panas yang sumbernya berasal dari dalam bumi. Obyek wisata ini merupakan salah fenomena alam yang ada di Indonesia. Sesuai dengan namanya Pancuran Pitu ialah terdapat tujuh pancuran tempat air yang mengalir dari sumbernya yaitu dari gunung Slamet. Pitu sendiri adalah kata dalam bahasa jawa yang artinya tujuh. Dimana air disini mengalir dari ketujuh pancuran dan semuanya hangat.

Untuk lokasi Pancuran Pitu ialah berada di sisi Selatan Gunung Slamet dengan ketinggian 3.428 meter dari permukaan laut, dimana menjadikannya sebagai gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Sumber air yang hangat dikarenakan berada di dekat dengan dapur magma Gunung Slamet. Fenomena alam ini menjadikan Jawa Tengah terkenal dengan memiliki banyak pemandian sumber air hangat alami. Pancuran Pitu juga terlihat seperti kawah karena asap yang mengepul dari air hangat dan tidak dari pancuran saja, asap juga terdapat di tebing saat air hangat mengalir. Air hangat di Pancuran Pitu ini juga memili kandungan belerang yang tinggi dan baik untuk kesehatan kulit.