BMKG Menjelaskan dari Fenomena Awan Unik di Langit Irak

Fenomena Alam – Banyak awan yang muncul di langit dengan berbagai macam bentuk, ada yang unik dan bahkan terlihat aneh. Selain di Indonesia banyak di negara lain melihat berbagai awan unik muncul di langit.

Contohnya di langit Irak, awan unik muncul begitu saja. BMKG menjelaskan adanya fenomena awan yang unik di langit irak yang merupakan gumpalan awan Mammatus. Ciri khas dari awan Mammatus ini adalah bentuknya seperti kantong dan tonjolah yang jumlahnya banyak. Sebelumnya salah satu warga kota Amedi, Irak mengabadikanya. Berupa gumpalan awan menggantung atau bisa disebut dengan awan Mammatus.

Kepala Subbidang Prediksi Cuaca atau BMKG yaitu Agie Wandala Putra menyebutkan bahwa awan ini terbentuk dari dasar awan. Sebetulnya jenis awan ini memang sering terlihat di langit Indonesia dan juga biadanya muncul saat terjadi perkembangan awan Comulonimbus. Awan ini juga merupakan jenis awan yang sering dihubungkan dangan adanya hujan lebat dan ekstrem. Namun karena wilayah Indonesia memiliki sistem konveksi yang besar sehingga friksi angin tersebut dapat membentuk awan Mammatus jarang terjadi di Indonesia.

Menurut Agie juga friksi angin tersebut juga bisa disebut pola turbulensi kecil di bawah awan Comulonimbus sehingga membentuk awan Mammatus menjadi bervariasi. Penyebab bentuk awan beragam ini karena jenis awan yang sulit tumbuh secara vertikal karena sistem turbulensi kecil yang ada dibawah awan Comulonimbus yang membuat Mammatus tidak dapat tumbuh ke atas atau merata. Jika awan ini muncul kondisi yang ditimbulkan akan terjadi hujan lebat, dan untuk dampak signifikan jika ada pesawat yang melintas hanya akan menyebabkan goncangan ringan.