Misteri Tenggelamnya Kapal Sinar Bangun dan Ikan Mas

Fenomena Misteri – Seoarang nelayan yang ada di Desa Tao Sililahi, Kabupaten Sidikalang, Sumatera Utara menangkap seekor ikan mas yang berukuran besar yaitu 14 kilogram di Danau Toba.

Mitos yang beredar bahwa ikan mas yang berukuran besar tidak diperbolehkan atau diperkenankan ditangkap dan dibawa kerumah ataupun tidak sengaja tertangkap dan harus di lepaskan kembali. Pada awalnya penangkapan ikan mas ini tidak ada yang menghebohkan, namun setelah adanya kejadian tenggelamnya Kapal Sinar Bangun yaitu terjadi pada hari Senin (1806/2018) yang menelan ratusan korban jiwa. Banyak yang mengaitkan bahwa tragedi tersebut dikaitkan dengan ikan mas yang di tangkap oleh salah satu warga. Budayawan muda Batak yaitu Rismon Raja Mangatur Sirait menyakini adanya badai besar dan tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun yang terkait dengan penangkapan ikan mas raksasa tersebut.

Dia juga menyebutkan bahwa ikan mas yang ditangkap oleh salah satu warga di Danau Toba ialah ukuran besar dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Sehari kemudian saat penangkapan ikan mas tersebut, terjadilah angin puting beliung di atas Danau Toba tepat di Tao Silalahi Paropo. Sehingga menimbulkan ombak besar, menurut warga sekitar yang ada di pinggiran Danau Toba sebelumnya belum pernah melihat ombak setinggi 3-4 meter tersebut, dan ketebalan ombak mencapai 2 meter.

Lepas dari masalah mistis, zona lintasan kapal KM Sinar Bangun yang kecelakaan di Danau Toba pada hari Senin itu merupakan zona yang berbahaya yang dilintasi bila besar ombak tidak seperti saat lazimnya.