Si Cantik Yangykala Canyon di Turkmenistan

Fenomena Alam – Turkmenistan adalah salah satu negara dengan penduduk paling jarang di Asia, dan salah satu yang paling jarang dikunjungi di dunia. Dan jauh di ujung barat negeri yang sering dilupakan ini terletak sebuah daya tarik alami yang belum pernah dilihat oleh beberapa orang Turkmenistan Ngarai Yangykala, lanskap ngarai yang penuh warna dan formasi aneh yang membentang sekitar 15 mil melintasi padang pasir ke Cekungan Garabogazköl.

Yangykala dulunya berada di bawah air, dasar samudra purba yang ada jutaan tahun lalu. Setelah lautan itu mengering, ia meninggalkan lanskap berbatu yang perlahan-lahan terkikis oleh angin dan hujan, memotong tebing dan ngarai yang dindingnya sekarang berusuk seperti bangkai makhluk laut aneh yang terdampar. Dan kemudian ada warna: merah muda dan jeruk, merah dan kuning, spektrum warna karang yang memberikan Yangykala Canyon tampilan yang berbeda.

Kadang-kadang disebut sebagai “Grand Canyon of Central Asia,” tetapi keduanya sangat berbeda. Yangykala tidak memiliki Sungai Colorado untuk mengukir jalannya, sehingga ngarai yang sebenarnya jauh lebih tidak terdefinisi daripada Grand Canyon. Di banyak tempat itu lebih mirip lanskap Mars, bercak dan kacau tempat dimana sedikit manusia datang dan bahkan unta pun tampak nyari

Ngarai Yangykala terletak di ujung barat laut Turkmenistan, sekitar 260 mil barat laut ibukota, Ashgabat. Anda dapat mengatur tur tiga hari ke ngarai dari Ashgabat, atau mengunjunginya sebagai perjalanan sehari dari Balkanabat, yang berjarak sekitar empat jam perjalanan dari ngarai. Jalan-jalannya dalam kondisi buruk, jadi kamu harus naik 4×4. Ada juga sangat sedikit infrastruktur atau layanan di sepanjang jalan, sehingga wisata harus mengambil air dan bahan bakar tambahan jika terjadi keadaan darurat.

Setelah Anda tiba, Anda kemungkinan akan dibawa ke formasi batu yang dikenal sebagai “Mulut Buaya” dari mana Anda akan memiliki pemandangan ngarai yang luar biasa. Untuk sepenuhnya menghargai matahari terbenam yang menakjubkan (dan matahari terbit), Anda dapat mengatur untuk berkemah di dataran tinggi di atas ngarai. Bersiaplah, bagaimanapun, karena bisa sangat berangin dan sangat dingin di malam hari.