Misteri Danau Laut Tawar Takengon di Aceh

Fenomena Misteri – Danau laut tawar ini diberikan langsung oleh suku asli Gayo, luas danau ini yaitu 5472 hektar. Danau yang sangat cantik seperti hamparan permadani berwarna biru.

Jaman dulu ada sebuah peristiwa yaitu adanya tornado kecil yang melintas di Danau laut tawar sehingga bikin geger warga sekitar. Tidak hanya itu setelah kejadian tersebut sisa-sisa air laut terbawa dan terjebak di danau ini. Untuk legenda dari Danau laut tawar ini ialah Legenda Putri Ijo, dimana makhluk halus ini adalah penunggu Danau laut tawar yang berwujud mirip dengan putri duyung. Sekitar tahun 2001, warga Tekongan berhasil mengambil foto dan latar belakangnya ialah Danau laut biru. Sosok gambar yang berhasil diambil ialah mirip dengan naga yang muncul dari dalam air.

Tidak hanya dengan legenda itu, ada juga legenda yang sangat kental lagi dan bahkan banyak orang yang percaya dengan fenomena misteri ini yaitu Lembide. Penunggu Danau laut tawar yang konon suka menghisap darah manuasia. Legenda ini sudah lama diketahui oleh warga, banyak yang percaya Lembide suka menghisap darah manusia saat berenang sampai orang yang dihisap tenggelam dan meninggal. Hampir setiap tahun, Danau laut tawar ini memakan korban tenggelam dan mereka ditemukan dalam kondisi kehabisan darah serta ada luka dibagian tubuh mereka yang mirip dengan gigitan bertaring.


Selanjutnya ialah ditemukanya bom aktif di kedalaman 18 meter yang berada di tengah-tengah Danau laut tawar. Diduga kuat bahwa bom tersebut merupakan peninggalan para penjajah Belanda. Namun sampai sekarang masih dalam proses pengangkatan bom tersebut masih belum berhasil dan banyak di kaitkan dengan keberadaan makhluk penghuni Danau laut tawar. Yang konon mereka ingin bom aktif itu tetap berada di dasar Danau laut tawar.