Misteri Pulau Kecil Muncul Setelah Gempa di Pakistan

Fenomena Misteri – Sebuah pulai kecil muncul setelah adanya gempa dengan berkekuatan 7,7 SR yang melanda Pakistan. Kejadian langka yang muncul dan tidak lazim bagi terbentuknya sebuah pulau.

Pulau kecil yang muncul dilokasi 200 meter dari garis pantai Gwadar yang memiliki ketinggian 18-21 meter. Panjangnya mencapai 91 meter dan untuk lebarnya mencapai 36 meter. Untuk permukaan di pulau ini solid, namun ada beberapa kandungan campuran antara bebatuan, pasir, air dan lumpur serta beberapa jelas yang ada di pulau ini. Penyebab pertama yang diperkirakanya ialah lempengan bumi yang beradi di dalam laut terdesak keluar dari permukaan air laut karena getaran gempa yang sangat kuat. Penyebab keduanya ialah getaran gempa memicu adanya pergerakan dan pelepasan gas yang telah tersimpan di dalam perut sehingga berakibat munculnya lumpur gunung api yang keluar ke permukaan.

Adanya juga perkiraan Lumpur gunung api sebagai penyebab terbentuknya pulau ini. Sama halnya dengan karakteristik lumpur gunung api ini cenderung lebih lembut sehingga mudah terkikis. Oleh karena itu pulau ini hanya bersifat sementara saja, dan kemungkinan bisa tersapu ke laut oleh erosi yang dipicu gelombang laut. Ahli geologi dari Institut Oseanografi Nasional Pakistan, yakni Mohammad Danish menyatakan bahwa sejumlah pihaknya telah mengunjungi Pulau aneh tersebut untuk melakukan analisis. Hasilnya ditemukan kandungan gas metana yang ada di permukaan pulau kecil tersebut. Gelembung yang muncul ke permukaan pulai tersebut dapat memicu api ketika sebuah korek dinyalakan dan semua orang yang berada di pulau tersebut dilarang keras untuk menyalakan api.