Asal Muasal dari Umbul Manten Klaten dan Mitos Sepasang Pengantin

Fenomena Misteri – Keberadaan Umbul Manten sebagai tempat wisata baru yang ada di Klaten ini yang sudah disadari akan potensinya oleh warga yang ada disekitar. Umbul Manten ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Sejak tahun 2015 wisata Umbul Manten dibuka dan mulai banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Sejak itulah Umbul Manten banyak dikunjungi terutama di hari libur dan tentunya akhir pekan. Namun dari banyak wisatawan yang datang, selalu ada dampak negatif yaitu banyaknya sampah plastik dimana-dimana seakan menjadi penghuni baru di Umbul Manten tersebut.

Legenda Umbul Manten

Cerita Umbul Manten merupakan cerita yang ada di turun-temurun dari mulut ke mulut. Konon sebelum dinamakan dengan Umbul Manten, ada sepasang pengantin baru yang dilarang keluar rumah oleh orang tuanya setelah waktu magrib dalam waktu 40 hari. Entah apa alasanya namun, sang pengantin diberikan wejangan tersebut oleh kedua orang tuanya.

Namun karena bosan selama 40 hari tidak boleh keluar rumah, akhirnya sepasang pengantin tersebut melanggar perintah orang tuanya. Mereka berdua keluar rumah menjelas waktu magrib, sang suami anehnya berjalan lebih dulu dibandingkan istrinya, saat berada didekat pohon rindang tiba-tiba sang suami menoleh ke belakang istrinya menghilang. Begitu juga dengan istrinya ketika melihat ke depan namun tiba-tiba suaminya menghilang dari pandanganya.

Sampai detik ini masih belum diketahui keberadaan sepasang pengantin tersebut, karena menghilangnya dekat dengan lokasi Umbul Manten, jadilah warga sekitar menamai sumber mata air dengan Umbul Manten yang berarti mata air pengantin.