Pulau Muda Hunga Tonga di Samudra Pasifik

Fenomena Alam – Gunung api bawah laut seperti Gunung Krakatau, yang menghasilkan material setelah erupsi tidak menutup kemungkinan untuk membentuk daratan atau pulau baru yang sama kejadianya dengan pulau baru yang terletak di Samudra Pasifik.

Salah satu pulau yang berasal dari hasil erupsi gunung yang ada dibawah laut yaitu Hunga Tonga-Hunga Ha’apai. Dimana pulau ini merupakan pulau unik yang sekarang sedang di incar NASA untuk dijadikan penelitian. Awalnya Hunga Tonga-Hunga Ha’apai adalah dua pulau kecil yang saling berdekatan di Samudra Pasifik yang terjadi pada bulan Desember 2014. Gunung api bawah laut yang beradi do antara dua pulau tersebut mengalami erupsi dan di tahun 2015 terbentuklah pulau baru di antara kedua pulau.

Jenis Erupsi dari adanya aktivitas gunung api Hunga Tonga yaitu tipe Surtseyan yang merupakan jenis erupsi hidromagnetik dimana saat magma atau lava yang berinteraksi secara eksplosi dengan air. Untuk material yang ditemukan di pulau ini berupa lumpur yang lengket, ditingkat abrasi yang tinggi juga akan memicu hilangnya pulau muda ini. Namun setelah adanya penelitian pulau yang diperkirakan akan hilang kembali justru sekarang ini terdapat flora yang hidup di pulau ini. Bebagai jenis burung yang menjadikan pulai ini sebagai tempat singgah atau tempat tinggal bahkan bebera bunga juga tumbuh.