Hatu Saka, Gua Terdalam Yang Ada di Indonesia

Fenomena Alam – Kawasan Indonesia timur tentunya menyimpan sejuta harta karun yang belum banyak terjamah oleh manusia. Kekayaan yang berlimpah dan tentunya keelokan alamnya menjadi salah satu daya tarik di wilayah ini.

Kawasan yang berada dekat dengan pulau seram ini menyimpan potensi speleologi yang besar, dan terdapat banyak gua yang belum terjamah salah satunya Gua Hatu Saka. Gua Hatu Saka merupakan salah satu gua yang terdalam di Indonesia dengan total kedalaman 388 meter dan entrance pada ketinggian +-900 Mdpl. Predikat Hatu saka ialah sebagian gua yang terdalam di Indonesia dan merupakan hasil dari dilakukanya penelitian oleh tim Ekspedisi Internasional Menjelajah Goa yang dilakukan pada tahun 1998.

 

Di akhir tahun 90-am hingga awalnya milenium, pernah terjadi perdebatan di antara kalangan penggiat telusur gua tentang predikat gua yang terdalam di Indonesia. Gua Leang Pute yang beradi di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Maros Sulawesi Selatan. Dimana gua tersebut memiliki kedalaman sekitar 265 meter yang sejak itu ditetapkan sebagai gua terdalam yang ada di Indonesia. Namun harus melepas predikatnya setelah adanya penelitian terhadap Gua Hatu Saka yang di publikasikan.

Asal usul dari nama Gua Hatu Saka pertama kali diberikan oleh masyarakat adat Negeri Saleman, yaitu Hatu dalam bahasa setempat ialah batu atau gunung, sedangkan utnuk Saka yaitu tiang dan ada yang menyebutnya dengan pusaka. Jadi makna dari Gua Hatu Saka ialah gunung pusaka. Dari misteri Gua Hatu Saka yang memikat banyak para penelusur gua, ada beberapa tim yang pernah menelusuri gua ini diantaranya Sydney Speleological Society (SUSS), Wessex Caving Club (WCC di tahun 1996, Acintyacunyata Speleological Club (ASC) Jogja di tahun 2011 dan Andrea Benassi beserta tim yang berasal dari Italia di tahun 2016 hingga tahun 2017.