Misteri Dibalik Patung Moai Easter Island Yang Terungkap

Fenomena Misteri – Selama berabad-abad lamanya, figur patung-patung raksasa yang ada di Easter Island, Valparaiso Region, Chile telah membuat banyak penasaran tentang penelitian arkeologi dan penjelajah.

Para peneliti mencoba mencari tahu dengan meneliti lokasi megalitikum patuang Moai berada. Dimana patung-patung Moai tersebut berbobot hingga 75 ton dan terlihat berjajar dan terserak di seanteri pulau. Bahkan untuk jumlah patung tersebut mencapai ratusan banyaknya. Berada di sebuah pulau yang dikelilingi oleh lautan lepas. Bahkan Pulau Paskah atau Easter Island ini menyimpan sumber air tawar yang menyegarkan. Untuk setiap patung bahkan bisa ditemukan di dekat sumebr air tawar tersebut.

Peneliti mengatakan bahwa untuk penemuan sumber mata air tawar tersebut mendukung gagasan bahwa ukuran patung yang besar berhubungan dengan adanya jumlah sumber air tawar yang sangat melimpah. Penelitian ini pun sangat penting, mengingat dari beberapa pendapat mengenai Pulau Paskah, patung Moai dibuat untuk pemujaan atau ritual setan atau kekerasan. Tapi untuk Prof Carl Lipo patung Moai sama sekali tidak ada hubunganya dengan hal tersebut. Pulau Paskah ini memilik lebih dari 300 platform megalitik, masing-masing mungkin dibuat oleh kelompok ataupun suku yang berbeda.

Diyakini dibangun pada abad ke 13 dan tentunya banyak ditemui di sekitar pantai. Hasil dari penelitian yang sudah diterbitkan jurnal Plos One, lokasi yang dekat dengan air tawar menjelaskan adanya patung itu ditempatkan atau di buat, agar masyarakat zaman dahulu bisa bercocol tanam di dekat pantai. Peneliatian terus dilanjut dan digali demi menguak misteri dari Easter Island. Setelah penggalian diketahui ternyata patung Moai memiliki tubuh yang mencapai ketinggian 20 kaki. Sementara bagi pakar arkeologi menemukan bahwa patung tersebut merupakan buatan manuasia penghuni Easter Island dengan menggunakan alat pahatan batu.