Gua Kembar dan Patung-Patung Penuh Misteri

Fenomena Misteri – Gua yang tidak diketahui dimana ujungnya dan terdapat patung-patung dan ritual yang dilakukan. Patung-patung yang terdapat di dinding gua dan dekat dengan pintu masuk.

Patung-patung yang terpahat pada dinding batu yang berada sangat dekat dengan pintu masuk Gua Kembar. Lokasinya berada tepat dipinggiran hutan Dusun Tambak Tajoh, Desa Adin Tengah, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Terdapat sepuluh patung yang ada dan sebagian masih berselimut lumut, dimana patung tersebut mendeskripsikan tentang sosok pendiri kampung atau bisa disebut dengan simatek kuta dan sistem kekerabatan yang ada di desa tersebut.

Dari patung yang pertama ialah patung pria yang merupakan patung Toga Sembiring Brahmana dimana ia seorang pendiri desa. Sosok tersebut menggunakan peci, dan disamping kirinya ada patung ibu dan anak serta beberapa patung anak yang lainya. Patung utama terkesan mengenakan pakaian namun untuk patung ibu dan anak tidak memakai pakaian. Adapula tulisan “MEN” dan tulisan “1971” sebagai waktu pembuatan patung-patung tersebut.

Menurut warga sekitar, bisa jadi gua ini ialah jalur migrasi penduduk dari daratan tinggi Karo yang menuju kawasan Langkat. Dimana gua ini tembus hingga ke wilayah Kabupaten Karo. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan kepastian. Salah satu keturunan orang pendiri desa tersebut ialah Edi Usaharaskita Tarigan (33) mengatakan bahwa, salah satu yang membuat patung tersebut ialah pamanya. Namun siapa yang tahu tentang kebenaranya. Dan setelah puluhan tahun di area patung-patung tersebut ada warga yang melakukan ritual kecil atau perorangan. Dimana warga menyalakan rokok diletakan pada ranting kayu dan disaat asap rokok meliuk ke atas lalu lenyap disesap hutan, saat itulah permohonan disampaikan.