Pemakaman Nokhur Turkmenistan, Kuburan Batu Nisan Bertanduk Kambing

Fenomena Misteri – Desa Nokhur yang terisolir hampir setiap kuburan di tandai dengan tiang kayu yang di hiasi dengan tanduk kambing gunung. Tanduk yang menjadi ciri khas orang Nokhur apabila salah satu keluarga mereka meninggal.

Tanduk kambing dianggap untuk melawan roh-roh jahat dan membantu jiwa-jiwa orang mati untuk memastikan jalan yang aman ke surga. Selain penampilan adanya tanduk kambing pada batu nisan di pemakaman desa tersebut, tengkorak kambing gunung juga ditemukan di beberapa pintu rumah desa.

Nokhuris, suku gunung di wilayah itu selalu menganggap kambing gunung sebagai hewan suci karena kekuatan dan daya tahan mereka. Penghormatan terhadap kambing gunung jelas-jelas mendahului tradisi Islam, dan meskipun hari ini Nokhuris adalah Muslim yang taat bagian dari sistem kepercayaan kuno ini terus bertahan.

Pemakaman Nokhur adalah contoh yang sangat baik tentang bagaimana Islam bekerja di Asia Tengah. Selain di Timur Tengah, dimana kedatangan Islam hampir menghapus semua jejak agama-agama pra-Islam. Di Asia Tengah bagian-bagian tertentu dari sistem kepercayaan pra-Islam telah di masukkan ke dalam agama yang lebih muda, menciptakan sinkretisme yang sering di simbolkan dalam upacara pemakaman suku setempat. Untuk pengunjung dilarang memasuki kuburan, namun anda masih bisa mengagumi kuburan bertanduk dengan hormat dari luar pagar.