Kong Lor Cave Yang Berada di Laos

Fenomena Alam – Sebuah perjalanan dengan perahu melalui kegelapan total, diterangi hanya oleh lampu depan, mengungkapkan sebuah kolam hijau zamrud yang menurut penduduk setempat adalah sakral.

Banyak alasan untuk menjelajah sedikit lebih jauh ke selatan. Gua Kong Lor, dianggap sebagai salah satu keajaiban geologis Asia Selatan. Gua batu kapur Karst sangat menarik karena formasi batuan yang tidak biasa, tetapi Kong Lor bukanlah gua batu kapur biasa. Bahkan, itu di bentuk oleh Sungai Nam Hin Bun mengalir melalui seluruh gunung, memahat batu di sepanjang jalannya. Di dalamnya ada genangan air dengan cahaya berwarna zamrud yang menurut penduduk setempat dianggap sakral.

Pengunjung dapat menyewa perahu kayu dan tukang perahu berpengalaman yang akan menegosiasikan gua-gua yang luas. Mereka akan membawa Anda melewati lorong-lorong besar dengan stalaktit yang megah dan stalagmit yang menjulang. Ada juga lorong sempit yang membutuhkan keterampilan dan keakraban dengan gua, kedalaman sungai, kekuatan arus, dan rencana perjalanan. Menavigasi gua biasanya di lakukan dalam kegelapan total hanya di bantu oleh lampu depan lampu yang berkedip-kedip.

Gua Kong Lor masih di gunakan oleh penduduk desa untuk mengangkut barang jika di kunjungi pada saat panen tembakau. Terletak di Provinsi Khammouane, di jantung geografis Laos, dapat dicapai dengan mengikuti jalan pedesaan dari Ban Khoun Kham atau dengan naik perahu dari Ban Naphouak.