7 Tempat Paling Unik Ini Bikin Kamu Serasa Di Dunia Dongeng

Fenomena Alam – Indahnya kekayaan alam di dunia sangat beragam, bahkan beberapa di antaranya terlihat sangat memukau layaknya berada di dunia khayalan. Seperti beberapa tempat unik di dunia berikut ini.

1. Salar de Uyuni, Bolivia, Amerika Selatan

Di tempat ini akan membuatmu seakan-akan merasakan langit dan dataran menyatu. Salar de Uyuni merupakan sebuah dataran garam terbesar di dunia, yang memiliki luas hingga 10 ribu kilometer.

 

Salar de Uyuni terletak di antara Potosi dan Oruro, dekat puncak Pegunungan Andes, Bolivia. Permukaannya yang ditutupi oleh lapisan garam, menjadikan dataran ini tetap kering sepanjang tahun.

2. Painted Dunes, Amerika Serikat

Painted Dunes adalah bentangan batu apung yang berwarna-warni dimana hal tersebut terbentuk akibat oksidasi abu vulkanik yang jatuh dari letusan gunung berapi. Painted Dunes sendiri berlokasi di dalam Lassen National Park di California Utara.

 

Ada jalur khusus yang telah disediakan untuk para wisatawan agar dapat menikmati pemandangan bak lukisan dari aktivitas gunung berapi ini. Apabila diperhatikan seperti berada melakukan penjelajahan di luar angkasa ya!

3. Goa Glowworm, Selandia Baru


Imej goa sebagai tempat gelap dan menyeramkan tidak berlaku untuk goa yang satu ini. Ya, Goa Glowworm di Waitomo memiliki pemandangan yang sangat indah dengan beragam stalaktit dan bercahaya layaknya kilauan bintang di langit.

Kilauan bintang tersebut sebenarnya berasal dari cacing dengan nama latin arachnocampa luminosa. Dimana cacing tersebut akan mengeluarkan cahaya berwarna hijau dan biru bila berada dalam kegelapan.

4. Pantai Merah, Tiongkok


Jika berbicara soal pantai yang indah, pasti yang terbersit di dalam pikiran adalah sebuah pantai berpasir putih bersih, tapi lain halnya dengan pemandangan pantai di delta Sungai Liaohe, Tiongkok. Pantainya memilik warna merah akibat rumput sea-blite.

Pantai ini terlihat sangat merah hanya pada waktu musim gugurnya. Saat itu, rumput yang awalnya berwarna hijau berubah menjadi warna merah.

5. Dallol Volcano, Ethiopia


Tempat ini bisa dikatakan sebagai salah satu tempat yang memiliki suhu paling panas di dunia, dimana suhu yang ada bisa mencapai hingga 41,1 derajat Celcius. Dallol adalah sebuah tempat paling terpencil di Bumi yang berada di wiyalah utara Ethiopia.

Dallol merupakan gunung berapi terendah di dunia. Meskipun begitu, Dallol terkenal akan keindahan warna-warna cerah yang muncul di sekitar tempat tersebut. Dimana warna-warna tersebut dihasilkan dari berbagai zat yang ada seperti belerang, besi, garam dan zat mineral lainnya.

6. Grand Prismatic Spring, Amerika Serikat


Grand Prismatic Spring yang berada di Taman Nasional Yellowstone ini, merupakan sumber mata air panas terbesar di Amerika Serikat dan merupakan yang terbesar ketiga di dunia.

Jika diperhatikan lebih detail lagi, air yang terlihat akan berwarna seperti pelangi, yaitu merah, oranye, kuning, hijau, dan biru. Namun tidak semua kolam dapat digunakan untuk berendam. Sebab, beberapa kolam air memiliki suhu yang sangat panas, hingga mampu meleburkan apa pun.

7. Gunung Ijen, Banyuwangi, Indonesia


Gunung Ijen memang sangat mempesona dengan segala keunikan kawah dan api birunya. Lokasinya di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Kamu bisa melihat fenomena api biru setiap harinya mulai pukul 02.00 hingga 04.00 dini hari. Selain itu, danau Kawah Ijen dikenal sebagai danau air asam terbesar di dunia, dengan luas kawah mencapai 5.466 hektare.

Itulah ketujuh objek wisata unik yang bisa membuat kamu merasakan keindahan layaknya di dunia dongeng. Kalau kamu belum bisa ke luar negeri, paling tidak kamu harus mencoba menikmati sensasi indahnya api biru di Gunung Ijen.