6 Sungai Terpendek di Dunia, Salah Satunya ada di Sulawesi Tenggara

Fenomena Alam – Sungai dpat diartikan sebagai air yang memanjang dan mengalir terus – menerus dari hulu menuju hilir. Keberadaan sungai tentunya sangat bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Kita juga mengenal sungai – sungai dengan panjang ratusan bahkan kilometer, kita sebut saja Sungai nil yang mempunyai panjang sekitar 6.650 kilometer.

Akan tetapi, terdapat sungai yang hanya mempunyai panjang tidak lebih 100 meter, berikut adalah daftar daftar sungai yang pendek.

  1. Sungai Tambosari, Indonesia

Sungai Tamborasi tepatnya yang berada di pantai Tamborasi, kabupaten kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Dengan panjang yang hanya 20 meter membuat sungai ini menjadi yang terpendek di dunia. Wisatawan yang berkunjung ke sini selain mendapatkan pemandangan pantai yang indah juga berkesempatan melihat sungai terpendek didunia. Suatu hal yang bisa dibanggakan juga tentunya.

  1. Sungai Reprua, Georgia

Sungai yang terletak di Distrik Gagra, Abkhazia, Georgia ini hanya mempunyai panjang 27meter. Hulu dari Sungai Reprua bermula dari Karst di Gua Krubera dan mengalir sampai bermuara di Laut Hitam. Jika dilihat, Sungai ini merupakan Sungai berbatu yang memiliki arus yang cukup deras.

  1. Sungai Ombla, Kroasia

Sungai Ombla merupakan sungai terpendek di Kroasia dan yang terpendek ke-4 didunia. Memiliki panjang sekitar 30meter, sungai ini juga merupakan mata air bagi warga di kota Dubrovonik. Sumber dari sungai ini sendiri bermula dari aliran air di bawah tanah sehingga bermuara ke laut adriatik.

  1. Sungai Jezernica, Slovenia

Sungai yang terletak di Slovenia ini mempunyai panjang hanya 55meter yang menjadikannya sungai terpendek di Negara tersebut. Sungai Jezernica sejatinya adalah anak suangai dari sungai Idrijca yang mengalir sejauh 60 kilometer, sehingga bermuara di Laut Adriatik. Sliran air Sungai Jezernica tercatat cukup deras, bisa mencapai 60 meter kubik perdetik.

  1. Sungai Roe, Amerika Serikat

Sungai yang mengalir di Montana, Amerika Serikat ini mempunyai panjang 61 meter. Tidak seperti kebanyakan sungai yang bermuara ke laut, sungai Roe sendiri bermula dari mata air raksasa dan bermuara ke Sungai Missouri. Sungai ini juga pernah tercatat di Guiness book of World Record sebagai sungai terpendek di dunia sebelum Guiness menghapus kategori tersebut.

  1. Sungai Rio Los Patos, Dominika

Sungai ini terletak di dekat kota Paraiso, Provinsi Barahona, Republik Dominika. Warga desa sekitar sungai sendiri hidup dari perikanan serta pariwisata local. Dengan panjang yang hanya 61 meter, sungai ini bermuara di pantai Baharona yang terletak di Laut Caribbean. Sungai Rio Los Patos juga cukup populer dijadikan tempat mandi di akhir pekan karena suhunya yang dingin.

Itulah beberapa sungai terpendek di penjuru dunia, apakah anda ingin mengunjugi sungai tersebut di akhir pekan!!