Hujan Asteroid Ternyata Menjadi Pemicu Adanya Zaman Es Pada 800 Juta Tahun Yang Lalu

Femomena AlamHujan asteroid memicu munculnya musim dingin terburuk di Bumi. Dikutip dari Sindonews, fenomena ini diyakini telah terjadi sekitar 800 juta tahun yang lalu, ketika hujan asteroid raksasa menghantam Bumi dan Bulan.

Para peneliti meyakini, hujan asteroid dalam bentuk batuan luar angkasa pada waktu itu, ukurannya jauh lebih besar dari ukuran asteroid yang menghancurkan dinosaurus sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Selain itu, hujan asteroid juga lebih besar dari hujan meteoroid pada 470 juta tahun yang lalu, yang memicu turunnya level air laut dan dikatakan sebagai dasar kemunculan keanekaragaman kehidupan di Bumi.

Peristiwa ini sebenarnya hanya ditemukan dalam penelitian terbaru. Hujan asteroid melibatkan massa total mencapai 30 hingga 60 kali lebih besar dari asteroid yang menghantam Bumi dan menyebabkan kawah Chicxulub di Meksiko.

“Tidak mengherankan jika hujan asteroid 800 juta tahun yang lalu mungkin telah menjadi penyebab terjadinya  zaman es, karena massa totalnya 10-100 kali lebih besar dari dampak dampak pada Chicxulub dan atau hujan meteoroid sekitar 470 juta tahun yang lalu,” kata Kentaro Terada , penulis utama studi dan dosen di Universitas Osaka.

Peristiwa ini terjadi sebelum era Cryogenion, yang berarti antara 635 dan 720 juta tahun yang lalu, ketika Bumi masih diselimuti es. Pada saat itu ada banyak perubahan lingkungan dan biologis.

Terada dan tim peneliti lainnya memperkirakan bahwa hujan asteroid menyebarkan 100 miliar ton fosfor di Bumi, 10 kali lebih banyak dari fosfor yang ada di laut.