LAPAN Tunjukkan Penampakan Komet NEOWISE di Langit Indonesia

Fenomena Alam – Akun Instagram resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkapkan foto penampakan komet NEOWISE. Objek luar angkasa itu tertangkap kamera di langit di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

“Setelah senja, kami memiliki tamu ‘pengembara’ yang berasal dari luar Tata Surya,” tulis akun Instagram lapan_ri.

Menurut LAPAN, Komet C / 2020 F3 (NEOWISE) sudah berada di atas cakrawala langit Indonesia pada malam hari sejak 20 Juli 2020.

“Semakin lama, komet akan meningkatkan posisinya saat senja sehingga durasinya dapat diamati lebih lama,” katanya. ditambahkan.

Saat ini komet tersebut berada di daerah rasi bintang Ursa Mayor (rasi Biduk), sekitar barat laut saat senja pada akhir Juli 2020.

“Kita bisa menggunakan peta langit untuk membantu menemukan posisi rasi bintang. Karena kometnya cukup redup, pengamatan menggunakan teropong, teleskop, atau kamera dengan kemampuan bukaan panjang sangat disarankan,” jelasnya.

Keterangan foto menunjukkan bahwa foto komet NEOWISE diambil pada 22 Juli 2020 pukul 18.47 WITA menggunakan kamera Sony a7SII dengan lensa 240 mm (F / 6.3) yang dipasang pada mounting iOptron Smart EQ Pro + untuk mengikuti gerakan komet.

Foto adalah tumpukan 5 citra dengan total waktu bukaan 2,5 menit dan ISO 3200.