Menikmati Aurora di Pulau Senja

Fenomena Alam – Saat bepergian pastinya traveler akan menjadikan senja dan sunset sebagai waktu favorit terutama saat mengambil foto serta meluapkan romantisme. Namun di negara berikut mempunyai sebuah pulau bernama pulau Senja yang keunggulan bukan mengenai matahari terbenam.

Negara yang dimaksud adalah Norwegia dimana terdapat pulau Senja sebagai pulau terbesar kedua yang berada di negara tersebut. Untuk menempuh pulau tersebut memakan waktu perjalanan selama dua jam dari Oslo dengan menggunakan pesawat tujuan Andenes dan perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mobil selama enam jam.

Penduduk yang menghuni Pulau Senja sebanyak 5.000 orang. Untuk kontur di pulau Senja terdiri dari perbuktian dan pegunungan. Itulah kenapa sering dijadikan sebagai tempat hiking oleh warga setempat.

Nama pulau ini kalau di Indonesia kemungkinan diberikan untuk terbenamnya matahari. Namun di Norwegia dijadikan tempat favorit untuk melihat aurora.

Fenomena aurora diketahui hanya terjadi di wilayah Kutub Utara dan kutub Selatan. Dimana terjadinya aurora karena atom-atom dan molekul yang bersatu serta menumpuk di udara yang kemudian terhisap oleh magnet Bumi di sekitar Kutub Utara dan juga kutub Selatan.

Aurora saat musim dingin tiba bisa dinikmati oleh wisatawan, berbeda dari midnight sun. Untuk bisa menyaksikan aurora waktu terbaiknya adalah di bulan September hingga Maret. Dan akan muncul apabila langit bersih dan tanpa polusi dengan cahaya hijau, biru serta keunguan dengan cahayanya yang berpendar di langit.