Zona del Silencio, Gurun Sunyi Misterius di Utara Meksiko

Fenomenaalam.com –  Di tengah gurun di Meksiko, ada daerah yang sepi dan senyap. Di tempat ini hanya terdapat sedikit kehidupan dan tidak ada sinyal telepon. Daerah ini dikenal sebagai Zona del Silencio, yang berarti zona diam atau zona senyap. Zona del Silencio berada di utara Meksiko. Daerah gurun ini termasuk di negara bagian Durango, Chihuahua, dan Coahuila.

Daerah yang berada tidak jauh dari kota Mapimi ini juga dikenal dengan sebutan Mapimi Silent Zone. Ada yang mengatakan, daerah sepi ini sama misteriusnya dengan Segitiga Bermuda. Di tempat ini, jarum kompas tampaknya tidak berfungsi. Apakah benar hal itu merupakan masalahnya?

Kisah-kisah misterius tentang Zona del Silencio mulai terdengar ketika seorang petualang bernama Francisco Sarabia mengunjungi daerah ini. Saat itu peralatan radio di pesawatnya tidak bisa berfungsi sama sekali. Setelah memeriksa, tidak ada peralatan radio yang rusak. Kisah-kisah misteri tentang tempat ini semakin berkembang ketika rudal AS mendarat di Gurun Mapimi. Bahkan, rudal itu tidak ditujukan ke tempat tersebut. Tempat pendaratannya meleset sekitar 400 mil ke selatan.

Operasi rahasia yang dilakukan untuk mengambil rudal membuat banyak cerita berkembang tanpa sumber yang jelas. Bahkan, beberapa mengatakan mereka telah melihat makhluk luar angkasa atau UFO di tempat ini.

Daerah gurun ini memang memiliki keunikan tersendiri. Terlepas dari gangguan sinyal radio, hewan dan tumbuhan di tempat ini berbeda dari tempat lain. Misalnya, kaktus di gurun ini berwarna ungu, bukan hijau atau coklat seperti di gurun lain. Banyak peneliti datang ke tempat ini untuk memecahkan misteri. Banyak pula turis yang datang untuk merasakan pengalaman unik di gurun misterius ini.