Peneliti Temukan Penampakan Awan Misterius di Mars

Fenomenaalam.com – Mars adalah objek penelitian para ilmuwan. Berbagai negara mengerahkan teknologi terbaiknya untuk dapat meneliti Planet Merah tersebut, salah satunya adalah NASA, badan antariksa Amerika Serikat.

Dikutip oleh iNews, para ilmuwan menemukan awan raksasa misterius di permukaan Mars untuk pertama kalinya pada 2018. Sekarang, awan raksasa itu terlihat lagi di Planet Merah.

Terbuat dari es air, awan memanjang 12,4 mil di atas gunung berapi Arsia Mons dan membentang sejauh 1.110 mil. Para ilmuwan telah menciptakan formasi Arsia Mons Elongated Cloud (AMEC) dan memperhatikan bahwa ia muncul di sekitar titik balik matahari musim panas di selatan Mars.

Namun, para ahli tidak menjelaskan bagaimana awan terbentuk. Apalagi, berapa lama awan itu bertahan atau kapan awan itu akan menghilang dari atmosfer Planet Merah.

Awan itu terlihat dalam gambar Mars yang diambil pada 17 dan 19 Juli oleh Visual Monitoring Camera (VMC) di atas pesawat Mars Express European Space Agency (ESA). Kami telah mengamati fenomena menarik tersebut dan berharap untuk melihat bentuk awan seperti itu di sekarang, ungkap penulis utama studi, Jorge Hernandez-Bernal.

Menurut Jorge, awan memanjang ini terbentuk setiap tahun di Mars selama musim ini di sekitar titik balik Matahari Selatan dan berulang selama 80 hari atau bahkan lebih, mengikuti siklus harian yang cepat. Namun, belum tahu apakah awan tesebut selalu begitu mengesankan.

Para peneliti telah mengamati awan Mars misterius yang mengembang selama tiga jam di pagi hari dan menghilang beberapa jam kemudian. Karena sebagian besar pesawat yang mengorbit Mars melewati pegunungan di sore hari, awan telah hilang di flybys sebelumnya.

Luasnya awan besar ini tidak dapat dilihat jika kamera Anda hanya memiliki bidang pandang yang sempit atau jika Anda hanya mengamatinya pada sore hari. Untungnya bagi Mars Express, orbit yang sangat elips dari pesawat ruang angkasa, ditambah dengan bidang pandang yang luas dari instrumen VMC, mari kita ambil gambar yang mencakup area luas planet ini di pagi hari. Itu artinya kita bisa menangkapnya! kata Eleni Ravanis, Young Graduate Trainee fot The Mars Express Mission.