Fenomena Alam Ini Tercipta Karena Adanya Wabah Covid-19

Fenomenaalam.com, Malaysia – Sejumlah fenomena yang menunjukkan kondisi alam sebenarnya membaik setelah pecahnya korona beberapa kali terungkap.

Penutupan lubang ozon, udara Jakarta yang semakin bersih dan terlihat sampai Gunung Salak adalah beberapa di antaranya.

Kali ini tanda-tanda alami lebih baik terlihat di Malaysia. Dilansir dari Metro Daily, aliran air di sungai Jeram Tinggi Jementah, Segamat kembali berkilauan jernih.

Warga Jementah yang berprofesi sebagai petani getah Abd Rahman Salim (73) mengatakan ia terkejut melihat bahwa air di sungai menjadi jernih dan terlihat oleh seekor anak ikan yang berenang di celah batu.

“Terakhir kali saya mengalami fenomena ini adalah sekitar tahun 1980-an. Saat itu saya berani minum air sungai secara langsung dan itulah yang terakhir kali saya lakukan.

“Sebelum ini, ada polusi air oleh air deterjen yang digunakan oleh pengunjung. Bagian hulu sebelumnya memang digunakan untuk tempat perkemahan dan banyak digunakan untuk mencuci peralatan memasak.

“Sungai kembali ke asalnya karena tidak ada aktivitas di sekitar dan di sepanjang aliran sungai karena pandemi Covid-19,” katanya.

Lelaki itu melanjutkan, beberapa waktu belakangan ini juga terdengar lagi suara unggas dan kicau berbagai jenis burung.

Menurutnya, tidak ada salahnya lokasi dibuka untuk umum, tetapi kesadaran diri harus kontrol yang lebih ketat harus dilaksanakan.

“Kami berharap kebersihan dan keindahan lokasi wisata di Jementah dapat dipertahankan, tidak hanya selama periode membatasi kegiatan saat ini, tetapi juga di masa depan,” pungkasnya.