Hujan Berwarna Hitam Terjadi di Jepang, Ada Apa Ini?

Fenomenaalam.com , Jepang – Masyarakat Jepang gempar dengan turunnya hujan berwarna hitam atau bisa juga disebut sebagai fenomena Black Rain. Kejadian tersebut memunculkan banyak teori dan spekulasi yang ramai diperbincangkan di berbagai situs media social. Mulai dari buruknya polusi, kejatuhan nuklir, hingga kebakaran besar pada pabrik industri.

Mayoritas berita Black Rain datang dari kota Hasuda, namun daerah lain yang terkena dampaknya juga termasuk Ageo, Iwatsuki dan kuki, dan juga Saitama. Foto-foto penampakan hujan hitam tersebut beredar luas di twitter pada 2 Maret dengan tagar #blackrain.

Mengutip dari laman Sore24, para pejabat setempat mengatakan pada sebuat wawancara bahwa mereka sudah menyelidiki situasi mengenai Black Rain setelah banyak keluhan dari warga mengenai genangan hitam di mana-mana.

Fenomena Black Rain dianggap sebagai akan adanya hal buruk yang sangat serius di Jepang, sejak serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Mengingat kembali perang dunia ke II, AS meluncurkan dan menjatuhkan bom atom untuk yang pertama kali ke dunia di Hiroshima pada Agustus 1945.

Sedangkan bom kedua dijatuhkan kembali tiga hari kemudian di Nagasaki. Insiden pertama merenggut nyawa 120 ribu orang. Beberapa zat radioaktif melesat ke atmosfer dan memicu Black Rain pada seluruh area pengeboman.

Kendati demikian, tidak ada laporan pasti mengenai aktivitas nuklir yang ditemukan di Saitama. Hal tersebut pun banyak mengembangkan berbagai spekulasi lain. Sebagian orang menyinggung tetang ujicoba rudal nuklir Korea Utara yang diluncurkan pada hari itu.

Masyarakat lainnya juga mengatakan bahwa mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh sebuah pabrik pewarna yang terbakar di Noda, Prefektur Chiba, di mana bila terjadi pencampuran asap dengan pewarna dapat menyebabkan Black Rain.

Hingga berita diturunkan masih belum ada informasi resmi dari pihak terkait mengenai fenomena hujan hitam ini. Pasalnya, belum ada pernyataan-pernyataan yang muncul dari pihak berwenang terkait masalah ini.