Suara Dentuman Terdengar di Bandung Hingga Enam Kali

Fenomenaalam.com, Bandung – Bunyi dentuman terdengar oleh warga di sekitar Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/05) pagi. Warga mengakui bahwa mereka mendengarnya tidak hanya sekali.

Salah seorang warga Kabupaten Bandung, Nuruliah mengatakan, suara ledakan di atas langit terdengar olehnya sekitar pukul 09.30 WIB.

Warga lainnya, Hidayat, mengaku beberapa kali mendengar bunyi dentuman tersebut sekitar pukul 08.00 WIB.

Hidayat mengaku mendengar bunyi dentuman lagi hingga enam kali.

Infografis Letusan Gunung Berapi Foto: CNN Indonesia / Timothy Loen

Peneliti dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan bahwa bunyi tabrakan di Bandung bukan yang pertama kali. Telah dihitung empat kali suara bunyi misterius terjadi di pulau Jawa dalam beberapa waktu terakhir.

Pertama, saat Gunung Anak Krakatau meletus pada awal April. Letusan Gunung Anak Krakatau saat itu dikabarkan menimbulkan suara dentuman dan gemuruh. Namun sejumlah ahli akhirnya meralat asal muasal suara tersebut.

Sebagian besar ahli sepakat bahwa ledakan misterius yang didengar warga Jabodetabek dan sebagian warga di wilayah Jawa Barat bukanlah akibat letusan Gunung Anak Krakatau.

Namun, ahli vulkanologi Soerono meyakini suara yang terdengar di sekitar Jabodetabek pada Sabtu (11/4) itu berasal dari letusan Gunung Krakatau.