Banyak Ubur-Ubur Muncul di Pantai Ancol, Begini Penjelasan Pihak Ancol

Fenomenaalam.com, Jakarta – Ubur-ubur dalam jumlah banyak muncul di kawasan pantai Ancol, Jakarta Utara. Ancol menilai ini adalah fenomena alam yang biasa terjadi.

Corporate Communications Department Head Ancol Taman Impian Rika Lestari mengatakan fenomena ubur-ubur muncul setiap tahun. Menurutnya, invertebrata ini muncul karena pergantian musim.

“Ini bukan sesuatu yang menakutkan. Ini memang fenomena alam. Ya karena ada perubahan cuaca, tahun lalu juga Oktober (kemunculannya),” kata Rika saat dihubungi, Rabu (09/10/2019)

Menurut Rika, jumlah ubur-ubur yang muncul di pantai saat ini lebih banyak dibandingkan bulan lalu. Namun, jumlahnya kurang dari tahun lalu di bulan yang sama.

“Wah, saya tidak menghitung (jumlah ubur-ubur). Yang pasti kita lakukan tindakan preventif,” terangnya.

Jenis ubur-ubur yang paling umum, kata Rika, merupakan ubur-ubur lemak yang tidak berbahaya. Karena itu dia meminta masyarakat tidak perlu khawatir mengunjungi Ancol karena situasi masih kondusif.

Pihaknya juga terus menjaga agar ubur-ubur tidak mendekati pantai. Namun, dia meminta pengunjung berhati-hati dan tidak bersentuhan langsung dengan ubur-ubur tersebut.

“Pengawasan kita masih intensif. Jadi tidak ada yang ditutup atau apapun. Tapi kita lakukan himbauan dari mulut ke mulut dan papan pengumuman,” pungkasnya.