Petir Menyambar Hingga 280 Kali Per Jam, Fenomena Catatumbo Lightning!

Fenomenaalam.com – Catatumbo lightning atau Petir Catatumbo merupakan fenomena atmosfer di negara Venezuela, tepatnya di muara Sungai Catatumbo dimana sungai tersebut bermuara di Danau Maracaibo. Di wilayah ini, petir menyambar dengan intensitas yang lebih tinggi daripada wilayah manapun di dunia.

Fenomena alam ini membuat seperempat penduduk Venezuela hidup dengan konsentrasi petir tertinggi di Bumi, 250 kilat per kilometer persegi (0,4 mil persegi) per tahun. Fenomena petir Catatumbo ditandai dengan sambaran petir hampir terus menerus, sebagian besar terjadi di dalam awan.

Dilansir dari skybrary.aero, catatumbo lightning berasal dari gumpalan awan badai di pegunungan terdekat. Fenomena ini terjadi selama 140 hingga 160 malam dalam setahun, 10 jam per hari dan hingga 280 kali per jam.

Petir Catatumbo mengubah frekuensinya sepanjang tahun, sehingga dapat bervariasi dari tahun ke tahun. Petir catatumbo jelas menghambat beberapa kegiatan, terutama berdampak pada lalu lintas bandara di kawasan tersebut.

Sementara itu berkat fenomena tersebut, kawasan sungai Catatumbo dan juga danau Maracaibo tidak pernah sepi pengunjung. Orang mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan fenomena alam yang hanya ada satu di dunia.