Fenomena Langka, Ada Pelangi Api di Atas Langit AS

Fenomenaalam.com, USA – Fenomena alam berupa pelangi api yang terbilang langka muncul di atas langit Isle of Palms, South Carolina, Amerika Serikat (AS). Warga sekitar yang melihat kejadian langka tersebut langsung terlihat heboh dan mengabadikan momen tersebut menggunakan smartphone.

Fenomena alam pelangi api ini muncul di atas langit selama kurang lebih satu jam. Warnya memang hampir sama dengan pelangi biasa lainnya. Namun, yang membuat pelangi ini unik adalah bentuknya yang meliuk-liuk seperti burung phoenix di angkasa.

“Saya tidak tahu sama sekali apa itu, tapi ini merupakan kali pertama saya melihat pelangi seperti itu. Lalu saya mengabadikannya melalui smartphone saya,” ujar seorang warga North Carolina, Caroline Rich Williams.

Fenomena alam pelangi api ini hanya akan muncul jika ada sekumpulan awan cirrus berlevel tinggi hingga menembus kristal es. Ahli meteorology, Justin Lock, menjelaskan bahwa untuk membentuk pelangi api seperti ini, ada peran peting dari sinar matahari.

“Untuk menghasilkan warna pelangi, sinar matahari harus mampu menembus lapisan es dari sudut tertentu agar mampu menghasilkan efek prisma spectrum warna,” ujar Lock.