Tidak Hanya di Indonesia, Iran juga Mempunyai Terasering Yang Bisa Berubah 5 Warna

Fenomena Alam – Pada umumnya terasering biasa ditemukan di area pesawahan ataupun perkebunan di Indonesia. Memang pada umumnya terasering di gunakan petani untuk meningkatkan peresapan air dan juga meningkatkan kestabilan tanah.

Namun tidak hanya di Indonesia saja, ternyata di Iran juga mempunyai terasering. Namun uniknya jika biasanya terasering yang ada di Indonesia hanya bewarna hijau, berbeda dengan Iran yang sering berubah warna.

Namanya ialah Badab-e Surt yang merupakan salah satu kolam susun yang terletak di Desa Orost yaitu daerah pegunungan Iran. Ternyata terasering tersebut terbentuk sejak zaman Pleistosen dan Pliosen.

Badab-e Surt bahkan disebut dengan sebuah mahakarya geologi langka, yang mana kolam-kolam tersebut mengandung mineral yang telah mengalami pengenda[an sejak ribuan tahun lamanya.

Terdapat pula dua sumber mata air panas yang memiliki kandungan tertentu di destinasi wisata ini. Mata air pertama di percaya bisa menyembuhkan penyakit rematik dan kulit. Dan untuk mata air kedua memiliki kandungan besi oksidasi tinggi.

Rupaya hal tersebut yang membuat air sering kali berubah warna di setiap kolamnya. Mulai dari warna kuning, merah, orange, biru, dan hijau dengan ukuran kolam yang cukup besar. Warna-warna tersebut berasal dari cahaya matahari yang terpantul di atas air. Ditambah lagi dengan refleksi dari langit terkadang bisa menjadi berwarna biru ke abuan.Keunikan terasering di Iran ini membuat lokasi tersebut menjado buruan bagi wisatawan. Meskipun lokasinya yang sulit di jangkau karena berada di ketinggian, namun tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.