Jutaan Tulang Manusia di Lorong Misterius Kota Paris

Fenomena Misteri – Paris selama ini dikenal sebagai kota yang berkilau dengan nuansa romantis. Namun dibalik itu, terdapat sebuah terowongan yang dipenuhi jutaan tulang manusia tepat di bawah Kota Paris.

Tempat ini dinamakan sebagai The Catacombs of Paris. Terdapat sebuah ossuary atau tempat penyimpanan tulang manusia yang memiliki daya tarik wisata tersendiri.

Catacombs diketahui dibangun sekitar akhir abad ke-18 dimana saat itu terjadi perluasan lahan perkotaan yang berdampak pada pemakaman di tengah kota. Sehingga tulang-belulang mayat warga Paris yang sudah meninggal dipindahkan ke sebuah terowongan. Pergerakan ini terjadi dari akhir abad ke-18 hingga pertengahan abad ke-19.

Pengangkatan tulang belulang selalu dilakukan pada malam hari. Diiringi dengan ritual dan chanting yang dipimpin oleh seorang pendeta sepanjang jalan dari kuburan hingga terowongan. Awalnya, sisa tulang hanya disimpan dan dibuang tapi pada akhirnya ditata dan ditampilkan dengan cara unik yang bisa Anda lihat sekarang.

Sejak penataan usai, tempat ini telah membangkitkan rasa penasaran warga sekitar, bahkan keluarga kerajaan.

Catacombs sejak akhir abad ke-18 ini dibuka untuk umum dan resmi menjadi objek wisata mulai tahun 1867-an.

Menyusuri gang yang gelap dan sempit, Anda bisa melihat susunan tulang dengan tampilan yang menyeramkan. Rasa ngeri akan menyelimuti Anda.

Tempat ini sangat sepi, gelap, lembab, dan serasa ada aura sedih disini. Ada banyak tulang di sini dan kebanyakan hanya ditumpuk di atas satu sama lain. Siapa saja tidak pernah tahu siapa pemilik tengkorak itu, bisa jadi seseorang yang meninggal karena wabah atau bangsawan kaya.

Catacombs ini adalah salah satu tempat wisata terbaik di Paris. Tempat ini memiliki sejarah yang luar biasa, disini bisa melihat grafiti di dinding dari pengunjung yang telah datang berabad-abad yang lalu.

Sebelum mengunjungi wisata misteri di Paris ini, ada baiknya calon pengunjung mengetahui beberapa fakta menarik.

Kedalaman Catacombs tersebut setara dengan bangunan lima lantai dengan luas permukaan 11.000 meter persegi.

Dengan panjang terowongan sekitar 2 kilometer dibutuhkan waktu setidaknya 45 menit untuk menjelajahi Catacombs. Lorong-lorong ini dipenuhi dengan sisa-sisa tulang sekitar 6 juta warga Paris.

Di tempat ini juga dingin dengan suhu sekitar 14 derajat Celcius. Sebaiknya kenakan pakaian tebal saat mengunjungi tempat ini.

Ternyata tidak hanya tulang belulang, ada juga atraksi menarik lainnya di sini yaitu kolam renang. Tapi kolam ini tidak ada di peta.

Selain itu, gedung ini pernah digunakan sebagai tempat persembunyian selama Perang Dunia II.

Catacombs of Paris terletak di 1 Avenue du Colonel Henri Rol-Tanguy, Paris, Prancis.

Untuk sampai ke sini bisa dengan naik subway atau commuter dari Denfert-Rochereau atau naik bus 38 dan 68.

Jumlah kunjungan ke Catacombs of Paris dibatasi 200 orang per periode (satu kali masuk), jadi apabila harus antri akan memakan waktu yang cukup lama.

Untuk amannya, Anda bisa memesan lebih awal agar tidak mengantri berjam-jam. Namun, jika Anda tidak bisa memesan tempat, pastikan untuk datang lebih awal.

Museum dibuka setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 10.00 – 20.30 (museum tutup untuk hari Senin). Tiket dengan harga 13 Euro per orang dapat dipesan di situs resmi Catacombs of Paris.

Untuk panduan audio dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman dan Spanyol, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 75.000.

Jika ingin menjelajahi tempat ini, disarankan tidak boleh sendirian karena banyak orang yang sering tersesat dan saat ditemukan sudah meninggal dunia.