Agrasen ki Baoli, Keajaiban Bawah Tanah Berusia Berabad-abad di New Delhi, India

Fenomena Misteri – New Delhi’s Connaught Place adalah salah satu area komersial kota yang paling ramai, yang dipenuhi oleh penduduk lokal dan turis. Dengan berjalan kaki menyusuri jalan perumahan yang damai, keajaiban bawah tanah berusia berabad-abad bersembunyi di balik dinding batu dalam bayangan gedung-gedung tinggi modern.

 

Agrasen ki baoli adalah sebuah stepwell, atau dikenal sebagai “baoli” atau “vav”, bergantung pada wilayahnya. Ribuan bangunan penampung air yang canggih ini berkembang biak di seluruh India mulai sekitar 600 M, tetapi tidak lagi digunakan dengan munculnya pompa air dan pipa ledeng. Anak tangga digali di dekat lubang sumur dalam, memastikan bahwa air tanah yang berfluktuasi secara dramatis dapat dicapai sepanjang tahun.

Berdiri di permukaan tanah, ada anak tangga yang mengalir empat tingkat ke bumi, digali dengan tangan ratusan tahun sebelum Zaman Mesin. Koridor melengkung berbaris di kedua sisi, setumpuk gelap yang samar-samar mengarah langsung ke lubang sumur kering. Ini lebih dari sekadar pemandangan yang mengejutkan, namun ini sangat membingungkan. Hal serupa terjadi pada Agrasen ki baoli, yang dinamai sesuai nama raja legendaris yang konon hidup 5.000 tahun lalu, namun tidak pernah terbukti keberadaannya. Struktur yang ada mungkin dibangun pada akhir abad ke-14 atau awal abad ke-15 tetapi baru saja direnovasi.

Di sisi lain, Agrasen ki baoli dianggap sebagai salah satu tempat paling berhantu di kota, berkat kisah kutukan, setan, bunuh diri, dan hantu yang sering mengelilingi stepwell. Bayangan yang dalam, air yang gelap, dan gema burung merpati yang mengepak bisa menjamin atmosfir yang menyeramkan.

Saat ini, sebagian besar stepwell di tinggalkan dan sangat bobrok, meskipun relatif sedikit yang telah di pulihkan oleh pemerintah, seperti Agrasen ki baoli. Masih ada ratusan mungkin ribuan bangunan bawah tanah yang sedikit ketahui ini ditemukan di seluruh India, baik di distrik-distrik terpencil, di desa-desa kecil, atau kota-kota besar seperti Delhi.