Suara Dentuman Misterius Di Jakarta Diduga Bukan Karena Gempa

Fenomena Alam – Minggu (20/9/2020) malam sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 WIB, warga yang tinggal di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur mengaku mendengar dentuman keras.

Suara apa itu dan apakah itu terkait dengan gempa bumi?

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan gempa dengan kedalaman yang sangat dangkal memang bisa menimbulkan suara dentuman.

Namun berdasarkan data seismik di Jakarta dan sekitarnya, BMKG tidak mencatat aktivitas gempa tektonik.

Berdasarkan hasil pemantauan BMKG dengan menggunakan alat sensor gempa yang dipasang di sekitar Jakarta, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa tektonik yang terjadi di wilayah Jakarta pada jam 19.00 hingga 21.00 WIB, jelas Daryono dalam keterangan tertulisnya.

Artinya, bukan gempa yang menyebabkan suara dentuman keras itu.

Selain aktivitas gempa, BMKG juga menggunakan alat pendeteksi petir yang menunjukkan dari hasil pemantauan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak, Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

“Bunyi dentuman keras malam ini memang bukan berasal dari gempa, tapi ada dugaan bunyi itu berasal dari petir,” ucapnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Daryono tak mau berspekulasi soal sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur.

Ia mengatakan, dugaan tersebut berdasarkan data hasil pantauan perangkat BMKG yang menunjukkan adanya aktivitas petir pada saat ada suara dentuman yang dilaporkan warga.

Sebelumnya dilansir Kompas.com, dentuman tersebut menyebabkan benda-benda di sekitarnya bergetar.

Surti (52), warga Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan, dentuman terdengar dua kali dengan jeda singkat.

Ada dua suara, sangat keras saat saya menonton TV di rumah, kata Surti.

Menurut Surti, dentuman itu terdengar aneh karena bunyinya tidak seperti gemuruh atau petir saat hujan.