Kuil Chausath Yogini, Kuil Dewi Kuno di Mitaoli India

Fenomena Misteri – Kuil Yogini dibangun dengan gaya melingkar, di hiasi dengan sosok feminin yang sangat indah dan tanpa atap sehingga terbuka ke alam. Ini adalah masa ketika penari kuil wanita, berhiaskan berlian dan sensual menari dan bernyanyi di kuil, dan terikat pada dewa bukan pada siapa pun.

Kuil Chausath Yogini Mitaoli adalah salah satunya yang dibangun pada abad ke 11. Dekat Gwalior di Madhya Pradesh, ini adalah salah satu dari sedikit Kuil Yogini yang tersisa yang masih dalam kondisi baik. Dibangun di atas bukit kecil yang memiliki pemandangan yang mengesankan. Dinding melingkar berisi 64 (“chausath” artinya 64) ruangan yang dulunya berisi patung wanita, di tengahnya terdapat halaman terbuka dengan paviliun untuk ritual umum termasuk menari. Kamar hari ini menampung Shiva Lingams.

Kuil ini berada di Zona Seismik 3, dan telah bertahan dari seringnya gempa bumi selama berabad-abad tanpa kerusakan apa pun. Mungkin karena strukturnya yang melingkar, kekhasan inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Gedung Parlemen India di Delhi yang di bangun oleh Inggris pada tahun 1920-an terinspirasi dari Kuil Mitaoli Chausath Yogini dan juga dibangun dengan gaya melingkar. Kemiripan arsitektur antara bangunan-bangunan ini sangat memprihatinkan.

Menurut ahli mitologi India Devdutt Patanaik, ini ironis karena Inggris menekan pemujaan dewi di India, dan melihat penari kuil sebagai pelacur, tidak percaya bahwa mereka dapat memiliki hak pilihan atas hidup atau tubuh mereka. Mereka mengantarkan era puritanisme patriarkal yang mereduksi hak-hak perempuan dan mendelegitimasi cengkeraman feminin pada ritual kuil dan kekayaan kuil, yang telah terkikis selama berabad-abad pemerintahan Mughal.

Seorang Yogini adalah seorang wanita praktisi Yoga, dan mereka mewakili energi ilahi universal yang ada dalam segala hal. Mereka adalah perwujudan dari rahmat dan harmoni spiritual. Candi Yogini, seperti yang ada di Mitaoli, di bangun oleh arsitek kuno yang “membayangkan candi sebagai tubuh wanita yang sedang berbaring. Candi ini merupakan arsitektur perayaan sensualitas dan kesuburan, ” kata Patanaik.

Banyak pengunjung merasakan aura misteri di Candi Yogini ini, dan hal lainnya yang masih bertahan. Sangat sedikit yang diketahui tentang mereka, begitu banyak yang telah hilang seiring waktu. Candi Yogini di Orissa masih memiliki sosok-sosok feminim yang utuh, yang memberikan gambaran lebih baik seperti apa Candi Chausath Yogini di Mitaoli.

Kuil Chausath Yogini di Mitaoli telah dinyatakan sebagai monumen bersejarah kuno oleh Survei Arkeologi India.