Empat Mitos Angka 666, Penuh Konspirasi

Fenomena Misteri – Matriks tidak bisa terlepas dari kehidupan, salah satunya dalam konteks perkembangan teknologi. Hampir semua perangkat yang mutakhir selalu diiringi dengan simbol atau deretan angka.

Namun, eksistensi deretan angka tidak difungsikan karena beberapa alasan. Maskapai penerbangan, nomor 13 dan atau 14 secara sengaja tidak digunakan dalam deretan kursi penumpang, karena dianggap sebagai simbol bencana atau kesialan. Keturunan Tionghoa menyebut angka 13 adalah simbol kematian.

Saat berkunjung ke gedung perkantoran, tidak tersedia nomor lift ke lantai 13, biasanya akan diganti dengan nomor 12A dan 12B, lalu loncat ke nomor 14.

Seperti angka 13, angka 666 juga sangat legendaris. Populer disebut sebagai simbol setan, kejahatan serta anti-kristus. Penafsiran tentang angka 666 termasuk rumit, bahkan menjadi perdebatan sejak zaman Yunani dan Romawi.

Berikut empat fakta lengkap mengenai angka 666 mengutip Keepo.

  1. Angka 666 muncul pertama kali dalam The Book of Revelation

The Book of Revelation (Kitab Wahyu) populer juga disebut Revelation of Jesus Christ (Wahyu Yesus Kristus) adalah kitab terakhir Perjanian Baru. Teks kitab ini ditulis menggunakan bahasa Ibrani, bahasa yang dituturkan oleh orang Yunani.

Di bab ke-13 dalam kitab itu ada ayat yang menyebutkan Let the one with understanding reckon the meaning of the number of the beast, for it is the number of a man. His number is 666 (Biarkan orang yang memahami, memperhitungkan arti dari jumlah binatang, karena itu adalah jumlah manusia. Jumlahnya adalah 666).

Kata Reckon dalam bahasa Yunani juga artinya calculate (hitung) atau Solve (selesaikan), jadi bisa dikatakan bahwa ayat itu adalah sebuah teka-teki tentang Beast yg harus dipecahkan.

  1. Angka 666 disimbolkan sebagai Nero Caesar

Seperti pada zaman Romawi, untuk menulis angka-angka besar seperti 100 atau 1000, tulisan romawi memiliki kombinasi huruf tersendiri, begitu juga dengan bahasa Ibrani. Oleh karena itu, angka-angka bisa diterjemahkan sebagai huruf. Dalam bahasa Ibrani, angka 666 sendiri diterjemahkan sebagai Nero Caesar.

Nero Claudius Caesar Germanicus adalah salah satu kaisar romawi yang memiliki banyak prestasi di bidang perdagangan, seni, dan diplomasi. Tetapi Nero juga populer dengan sebutan penguasa tirani yang penuh kekejaman.

Dia membunuh ibu, istri dan adiknya lalu membantai kaum Nasrani secara keji. Beberapa ahli kitab menganggap yang dimaksud dengan Beast adalah Nero, sumber semua kejahatan.

  1. Angka 666 diadopsi dan memengaruhi karakter manusia

Dalam budaya populer Inggris, walaupun erat dengan kesan kejahatan setan, angka 666 telah berkembang dalam konteks yang lebih luas seperti asosiasinya dalam produk-produk vodka dan minuman berenergi yang diberi label angka 666. Angka 666 juga kode dari virus komputer Macintosh, Sevendust yang dibuat pada tahun 1998.

Di bidang musik punk-rock, atau heavy metal, misalnya salah satu album Iron Maiden yang diberi nama Flight 666. Orang-orang yang percaya pada kekuatan setan secara sengaja menggambar tattoo penuh di tubuh, melubangi pipi agar bisa mengeluarkan lidah, dan bentuk idenifikasi lainnya, serta menambahkan simbol angka 666 pada arsitektur gereja.

  1. Hexakosioihexekontahexaphobia Istilah Baru untuk Phobia pada Konspirasi Angka 666

Dalam beberapa dekade terakhir, para penggemar teori konspirasi yang menggabungkan interpretasi Alkitab dan ketakutan pada kekuatan jahat. Menafsirkan angka 666 ada hubungannya dengan PBB.

Para Presiden AS, sistem barcode modern, nomor 666 yang membentuk hexagram sebagai lambang illuminati, logo Fox News, dan keterkaitannya dengan pemujaan setan.

Nomor 666 sebagai triangular number juga disimbolkan sebagai segitiga Bermuda, tempat Dajjal dinyatakan akan bangkit. Ternyata, ketakutan terhadap konspirasi ini punya istilah sendiri, yaitu Hexakosioihexekontahexaphobia.