Kisah Misteri Franja Rumah Sakit Gaib yang Tak Bisa Ditemukan Nazi

Fenomena Gaib – Rumah Sakit Gerilya Franja di Slovenia yang sudah menjadi museum.

Kisah Misteri Franja Rumah Sakit Gaib yang Tak Bisa Ditemukan Nazi

Pada Mei 1946, Franja secara resmi dibuka untuk pengunjung, dan dilindungi sebagai monumen pada tahun 1952, Ketika banjir hampir menghancurkannya sepenuhnya pada tahun 2007, Pemerintah Republik Slovenia mengambil keputusan tentang rekonstruksi lengkapnya.

Rumah Sakit Gerillya Franza atau Franza Partisan Hospital dikenal sebagai Rumah Sakit yang misterius.

Bukan sebab rumah sakit ini berhantu atau memiliki kisah mistis melainkan karena selalu lolos dari inceran Nazi German yang kala itu menduduki wilayah Eropa.

Dibangun selama Perang Dubia II, Rumah Sakit ini didirikan oleh para Gerilyawan yang memiliki semangat membantu demi kemanusiaan yang tinggi.

Franja Partisan Hospital tercatat sudah merawat sekitar 600 pasien dari berbagai latar belakang negara dan bangsawan, mereka yang menjadi pasien pada umumnya adalah Grilyawan perang di masa Perang Dunia II.

Selama beroperasi Rumah Sakit ini berna Slovenia Military Partisan Hospital Franja atau Rumah Sakit Gerilya Militer Slova Franja.

Setelah perang berakhir nama rumah sakit itu menjadi singkat Franja Partisan Hospital, Mereka yang terluka biasanya dibawa ke rumah sakit pada malam hari dengan mata tertutup, Sebelum memasuki lembah Gerilyawan akan mengubah arah tandu untuk membuat bingung tentara yang di tolong ungkap Sejarawan Milijka Magajne.

Arah tandu yang diubah itu menurut Magajne agar mereka kehilanan arah alias tidak mengetahui di mana posisi persisnya letak Franja Partisan Hospital, Magajne menambahkan suatu hari beberapa tentara Nazi datang mendekati lokasi rumah sakit, Namun tidak pernah menemukan apa yang mereka cari.

Kemanusiaan di tengah Perang

Tentara Gerilya Slovenia sadar pentingnya nilai-nilai kemanusiaan di tengah perang, Merka pun memutusakan untuk mengorganisiri keadaan layanan medis bagi tentara manapun yang terluka.

Layanan Medis yang mereka lakukan beroperasi dalam keadaan khusus dan melibatkan lebih dari 800 dokter, Puncak dari layanan medis Gerilyawan itu adalah beberapa Rumah Sakit ilegal Lebih dari 15.00 pasien dirawat di lebih dari 120 Rumah Sakit Slovenia.

Gerakan perlawanan llain di seluruh Eropa tidak mengenal organisasi perawatan kesetan semacam itu, Rumah Sakit Gerilya Franja sendiri sebenarnya hanyalah satu dari sekian banyak Rumah Sakit ilegal di Slovenia yang dipertahankan hingga kini sebagai suatu monumen pengingat.

Lokasi Rumah Sakit pertama kali ditunjukan warga Jerman bernama Janez Peternelj kepada dokter Gerilya Viktor Volcjak, Viktor dan penduduk setempat mulai membangun Gubuk pertama pada akhir musim gugur di tahun 1943 dan pertama kalinya tentara dibawa kesana pada 23 Desember 1943.

Pada Januari 1944, Freanja Bojc Bidovec seorang dokter sekaligus tentara Gerilya memimpin Rumah Sakit sampai Akhir Perang Dunia II.